banner 728x250
Ekbis  

RM Surya Manik Hadir di Abepura

Menu-menu masakan yang ditawarkan RM Surya Manik yang kini membuka cabang di Jalan Baru Kotaraja tepatnya Pasar Lama Abepura, Senin, 8 Agustus 2022.
banner 120x600
banner 468x60

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Bisnis kuliner di Kota Jayapura tampaknya masih sangat menjanjikan. Untuk itulah, RM Surya Manik kini membuka cabang dan hadir di Abepura, tepatnya di Jalan Baru Pasar Lama, Senin, 8 Agustus 2022.

Meski berlabel masakan padang, namun RM Surya Manik ini, menawarkan menu-menu spesial dan menu nusantara lainnya dengan konsep mewah seperti restoran, namun harga ‘kaki lima’.

banner 325x300

Pemilik Brand RM Surya Manik Sibeng Siswanto mengatakan, RM Surya Manik mengambil segmen konsumen menengah ke atas, baik dari segi makanan, kualitas maupun interior ruangan, tentu berbeda.

“Tapi kalau untuk harga, RM Surya Manik bisa dikatakan kelas atas, sama dengan ‘Kaki lima’. Saya jual nasi ayam hanya Rp 26 ribu. Di pinggir jalan, jual nasi ayam bisa Rp 30 ribu bisa Rp 35 ribu. Tapi di sini, sudah duduk pakai sofa, pakai AC, tidak panas dan nyaman, termasuk mushola,” kata Abeng, sapaan akrabnya.

Untuk menu, ujar Abeng, memang menyajikan masakan khas Padang, namun RM Surya Manik mengadopsi variasi masakan nusantara, misalnya ayam geprek, lele, ayam goreng panas asli Padang biasanya tidak pakai sambal, namun RM Surya Manik memakai sambal.

“Kami menyesuaikan lidah orang Jayapura. Makanya RM Surya Manik tentu menyesuaikan selera di sini,” ujarnya.

Yang jelas, RM Surya Manik mengadalkan kualutas cita rasa menu masakan yang dihidangkan kepada konsumen. Bahkan, bumbu pun didatangkan dari Jakarta, lantaran memang di Jayapura tidak ada.

Menurutnya, menu – menu masakan yang disajikan RM Surya Manik tentu menyesuaikan selera dari konsumen di Jayapura, sebab antara daerah satu dengan daerah lain berbeda. “Kalau di Pulau Jawa, menu RM Surya Manik yang paling laku itu kepala kakap dan ayam pop. Tapi, di sini itu tidak laku, yang laku rendang dan ayam bakar. Begitu juga di Makassar, menu yang paling laku gulai cincang dan ayam bakar. Jadi, di setiap daerah berbeda,” jelasnya.

RM Surya Manik memiliki fasilitas untuk lantai 2 bisa memiliki kapasitas 80 orang, sedangkan dibawah juga cukup luas. RM Surya Manik bisa melayani acara pernikahan, ulang tahun dan menu catering sesuai pesanan bisa dilayani.

Owner RM Surya Manik, H Mursidin menambahkan jika pihaknya membuka cabang di Abepura, lantaran untuk mendekatkan kepada konsumen, setelah membuka cabang di Hamadi. Apalagi, banyak permintaan konsumen sendiri, dimana di daerah Abepura cukup padat penduduk.

“Kami memiliki market tersendiri, termasuk untuk perkantoran maupun umum,” kata Mursidin.

Mursidin mengungkapkan tertarik membuka rumah makan Padang ini, lantaran awalnya ia menjadi supplayer atau pemasok ke sejumlah rumah makan, termasuk rumah makan Padang. “Kebetulan saya punya tempat sendiri kosong, sehingga saya tertarik terjun langsung buka rumah makan Padang ini. Di Makassar juga telah kami buka di Jl Petarani,” jelasnya.

RM Surya Manik sendiri telah membuka beberapa cabang di Papua seperti di Merauke, Manokwari, Sorong dan ke depan Nabire.

Meski berlatara belakang politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Provinsi Papua, Mursidin mengaku tertarik membuka bisnis kuliner ini, lantaran dari awal memang bekerja di pasar, sehingga ia melihat peluang bisnis kuliner ini dan langsung terjun membuka RM Surya Manik di Kota Jayapura.

Sementara itu, salah seorang konsumen, Iriansyah mengaku memang sangat menyukai menu dan cita rasa masakan dari RM Surya Manik ini. “Ya, sekarang sudah dekat di Abe tentu mempermudah masyarakat pecinta rumah makan Padang. Ini saya kira luar biasa, jika Surya Manik melihat peluang bisnis ini dan memiliki konsep berbeda,” katanya.

Iriansyah merasa sangat suka dengan menu rendang dan perkedel yang ditawarkan oleh di RM Surya Manik. “Tadi saya cicipi rendang dan perkedel. Luar biasa nikmatnya,” imbuhnya. (bat)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.