Ajang MTQ Heram, Ponpes Al-Muttaqin Buper Juara Umum

banner 120x600
banner 468x60

JAYAPURA, PapuaTerkini.com– Pondok Pesantren Al-Muttaqin Buper Waena berhasil menjadi juara umum pada ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke XXX Distrik Heram yang berlangsung mulai Jumat (23/02) hingga Ahad malam (25/02) bertempat di Masjid As-Salwa, Jalan Karang KUD Waena, Distrik Heram, Kota Jayapura.

Hasil tersebut diketahui saat Ketua Dewan Hakim Dr. Ahmad Arif Rofiki,M.Pd mengumumkan hasil juara pelaksanaan MTQ dalam acara penutupan yang berlangsung Ahad (25/2) malam, yang mana Pondok Pesantren Al-Muttaqin Buper Waena berhasil menjadi juara umum setelah meraih 11 mendali emas.

Pembacaan hasil pengumuman ini pun disambut dengan gegap gempita oleh para santriwan-santriwati Pondok Pesantren Al-Muttaqin. Bahkan setelah pembagian hadiah, seluruh santriwan-santriwati yang hadir kemudian foto bersama di panggung utama dan di depan panggung utama (karena tidak cukup) sambil meneriakkan yel-yel khas pondok pesantren tersebut.

Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Distrik Heram, Ainul Yakin,M.Pd, saat memberikan medali dan uang pembinaan bagi pemenang tilawah anak

Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Distrik Heram, Ainul Yakin,M.Pd menjelaskan para peserta MTQ yang berhasil menjadi juara 1 selanjutnya akan ditraining kembali untuk persiapan mengikuti MTQ Tingkat Kota Jayapura yang rencananya akan digelar 26-28 April mendatang.

“Selamat kepada yang menjadi juara. Bagi yang belum tidak usah berkecil hati, tahun berikutnya masih ada STQ maupun MTQ lagi,” ucapnya.

Pada tempat yang sama, Ketua LPTQ Kota Jayapura yang diwakili oleh Abdul Majid, M.Pd selaku Sekretaris Umum LPTQ Kota Jayapura berharap bahwa LPTQ Distrik Heram bisa mempertahankan prestasi juara umum pada MTQ Kota Jayapura yang akan digelar di Distrik Jayapura Utara.

“Dengan dukungan dari para ulama, kyai dan para ustadz maupun ustadzah yang ada di Distrik Heram ini, semoga Heram bisa mempertahankan juara umum,” harapnya.

Menurutnya, apabila dari Distrik Heram bisa mempertahankan juara umum, maka akan banyak kafilah atau utusan dari Heram yang akan mewakili Kota Jayapura ke MTQ Tingkat Provinsi yang akan berlangsung di Kabupaten Mimika dan kemudian MTQ Tingkat Nasional akan berlangsung di Provinsi Kalimantan Timur, yaitu di Kompleks Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Kota Samarinda, pada September 2024 mendatang.

“Saya berdo’a kafilah Kota Jayapura akan banyak didominasi dari Distrik Heram,” ucapnya lagi.

Sementara ketua panitia, Samudin,SH menambahkan MTQ ini diikuti 160 peserta dari utusan sejumlah masjid dan mushola se-Distrik Heram, Majelis Taklim, Pondok Pesantren maupun sekolah yang ada di Distrik Heram. Sedangkan lomba yang dipertandingkan ada 7 cabang yaitu Tartil Qur’an, Tilawatil Qur’an, Hifzil Qur’an, Sarhil Qur’an, Fahmil Qur’an, Khot Qur’an dan Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an. (humas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *