Gandeng Pemkab Mamberamo Raya, BPJS Kesehatan Cabang Jayapura Serahkan 4.000 Kartu JKN – KIS

  • Whatsapp
Kepala BPJS Cabang Jayapura menyerahkan secara simbolis kartu JKN - KIS kepada Bupati Mamberamo Raya, Dorinus Dasinapa, AKs, SSos diwakili Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Mamberamo Raya, Baharuddin Thalib, SE, baru-baru ini.

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Pemerintah Kabupaten Mamberamo Raya bekerjasama dengan BPJS Kesehatan Cabang Jayapura dalam pelayanan Kartu Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN – KIS) bagi warga Kabupaten Mamberamo Raya.

Bacaan Lainnya

Bahkan, kerjasama itu diwujudkan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Bupati Mamberamo Raya, Dorinus Dasinapa, AKs, SSos dengan pihak BPJS Kesehatan Cabang Jayapura beberapa waktu lalu.

Untuk itu, BPJS Kesehatan Cabang Jayapura menyerahkan kartu KIS secara simbolis kepada Bupati Mamberamo Raya yang diwakili Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Mamberamo Raya, Baharuddin Thalib, SE di Kantor BPJS Kesehatan, Kotaraja, Abepura, Kota Jayapura, 11 Agustus 2020.

“Kerjasama ini, dilakukan MoU antara Bupati Mamberamo Raya, Dorinus Dasinapa, AKs, SSos dan Kepala BPJS Cabang Jayapura, kemudian kami tindaklanjuti. Kemarin, penyerahan kartu JKN – KIS untuk masyarakat Mamberamo Raya sesuai data yang diminta kepada kami,” kata Baharuddin Thalib kepada Papuaterkini.com, Kamis, 13 Agustus 2020.

Menurutnya, penyerahan kartu JKN – KIS itu, sesuai update data Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Mamberamo Raya sebanyak 4.000 jiwa, yang tersebar di delapan distrik yang ada di kabupaten berjuluk ‘Tanah Seribu Misteri, Sejuta Harapan’ ini.

Untuk pembagian kartu JKN – KIS itu, lanjut Baharuddin, akan dilakukan oleh BPJS Cabang Jayapura kepada kepala – kepala puskesmas yang ada di Kabupaten Mamberamo Raya.

“Namun, kami sudah konfirmasi kemarin setelah acara penyerahan simbolis itu, kemungkinan nanti penyerahan secara simbolis juga dilakukan oleh bapak Bupati Mamberamo Raya di Kabupaten Mamberamo Raya,” katanya.  

Hanya saja, ujar Baharuddin Thalib, karena masih situasi Pandemi virus Corona atau Covid-19, tentu menunggu waktu yang tepat untuk pembagian kartu JKN – KIS kepada masyarakat, sehingga masyarakat dapat menikmati layanan kesehatan dengan baik.

“Ini merupakan terobosan bapak Bupati dengan MoU dengan BPJS Kesehatan. Kemarin itu, memang data kurang, karena BPJS Kesehatan di tingkat kelas III itu harganya turun, sehingga kita masih ada alokasi anggaran subsidi pusat, kami dipanggil BPJS untuk menambah data lagi, sehingga totalnya 4.000 jiwa,” ujarnya.

Dengan adanya kartu JKN – KIS ini, Kadinsos Baharuddin Thalib mengharapkan masyarakat Mamberamo Raya dapat memanfaatkan dengan baik, untuk mendapatkan pelayanan kesehatan secara maksimal.

“Program ini, tentu sesuai dengan visi misi Bupati Mamberamo Raya untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Dari kesehatan yang baik, akan menunjang peningkatan SDM Mamberamo Raya dan lainnya ke depan,” imbuhnya. (bat)  

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *