Fenina Nanlohi, perempuan pendiri sasana tinju Okaba Merauke

Merauke, Jubi – Fenina Nanlohi, salah seorang perempuan pendiri sasana tinju Okaba yang banyak mencetak atlet tinju profesional.  Fenina  yang juga aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merauke juga menjadi pelatih di sasana yang didirikan.

“Saya tak bisa menghitung banyak medali telah dipersembahkan anak-anak binaan dalam mengikuti berbagai ivent tinju baik tingkat kabupaten, provinsi hingga nasional,” kata Fenina, saat ditemui Jubi Kamis (28/12/2017).

Ia mendirikan sasana itu sejak 2007 silam dan hingga sekarang masih eksis, meski diakui  masih terdapat berbagai kekurangan. Namun tak sedikit banyak prestasi telah ditorehkan anak didiknya  dalam dunia tinju hingga ke tingkat nasional.

“Umumnya  yang masuk di sasana tinju Okaba adalah yang masih usia sekolah dasar. Karena nantinya mereka mendapatkan latihan khusus tentang cara bertinju hingga mengikuti berbagai even,” kata Fenina menambahkan.

Menurut dia maksimal yang digembleng  di sasana tinju yang ia kelola berusia sampai 19 tahun. Tercatat hingga kini tersisa 26 anak  yang ditampung di rumah sekaligus rutin berlatih. Mereka ada yang disiapkan mengikuti  Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 mendatang.

Dijelaskan, anak-anak yang bergabung dalam sasana tinju Okaba, umumnya adalah orang Papua. Mereka memiliki talenta sangat bagus dalam dunia tinju hal itu dibuktikan dengan sejumlah medali dari beberapa even yang digelar.

Mantan Bupati Merauke, Romanus Mbaraka memberikan apresiasi kepada Fenina Nanlohi yang terus membimbing dan melatih anak-anak dalam dunia tinju.

“Terimakasih Ibu Fenina karena bisa menampung anak-anak Papua di rumahnya sekaligus rutin berlatih tinju dan mengikuti sejumlah ivent tinju di berbagai daerah di Indonesia,” katanya. (*)

Tinggalkan Balasan