Penkes  

Vaksinasi di Masjid Raya Kota Jayapura Ditargetkan 2.000 Jamaah

Ketua Umum Pengurus Masjid Raya Baiturrahim Kota Jayapura, KH Abdul Kahar Yelipele, Ketua Umum DMI Papua, DR H Mansur S dan Wakapolres Jayapura Kota, AKBP Supraptono meninjau vaksinasi di Masjid Raya, Senin, 6 September 2021.
banner 120x600
banner 468x60

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Vaksinasi Serentak untuk Pesantren dan Rumah Ibadah Sinergi Polri dan Staf Khusus Presiden Aminuddin Ma’ruf yang berlangsung di Masjid Raya Baiturrahim Kota Jayapura, 6 – 7 September 2021, ditargetkan akan diikuti 2.000 jamaah.

“Ya, target kita 2.000 jamaah bisa ikut vaksin. Syukur bisa lebih dari itu, terutama bagi warga di sekitar masjid raya,” kata Ketua Umum Pengurus Masjid Raya Baiturrahim Kota Jayapura, KH Abdul Kahar Yelipele di sela-sela vaksinasi, Senin, 6 September 2021.

Kahar Yelipele mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada pemerintah dan Polri dalam program vaksinasi merdeka, karena lebih difokuskan kepada masjid raya provinsi terlebih dahulu, sebagai miniaturnya atau icon seluruh masjid di Papua.

“Kami dari pengurus masjid, sangat berharap sekali kepada seluruh masyarakat umum dan umat Islam khususnya untuk dapat mengikutinya,” kata Kahar Yelipele.

Bahkan, beberapa hari sebelum pelaksanaan vaksinasi itu, pihaknya sudah mengumumkannya kepada seluruh masjid di Kota Jayapura dan sekitarnya, termasuk melalui media massa.

Sebab, lanjut Kahar Yelipele, dengan kegiatan itu, seluruh masyarakat Kota Jayapura bisa mendapatkan vaksin.
Kahar berharap vaksinasi ini jangan disalahartikan dengan setelah melakukan vaksin bisa bebas kemana saja, termasuk hanya sekedar sebagai syarat untuk bisa nonton sejumlah event pada pelaksanaan PON XX Papua nanti.

“Bukan itu. Tapi tujuan utama vaksin ini, bagaimana saya ingin sehat dan selamat. Dengan adanya vaksinasi ini, mari selaku warga negara Indonesia wajib untuk mendukung kesehatan dan keselamatan kita bersama, lebih khusus kepada jamaah pada masjid – masjid maupun rumah ibadah lain agar dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19, agar seluruh masyarakat bisa melakukan aktivitas termasuk ibadah di rumah ibadah,” paparnya.

Kahar mengimbau kepada masyarakat khususnya umat Islam untuk vaksin. “Saya sampaikan kepada seluruh masyarakat Papua, jangan takut dan salah pikir bahwa vaksin ini racun dan lain sebagainya, itu tidak betul. Mari kita sama-sama sukseskan program vaksinasi supaya hidup sehat,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Papua, DR Mansur S menambahkan, DMI Provinsi Papua sangat mendukung program vaksinasi serentak seluruh Indonesia khususnya di pesantren dan tempat ibadah ini.

Diakui, dalam program vaksinasi merdeka ini, DMI diikusertakan bersama jajaran Polda Papau dalam berpartipasi dalam program pemerintah ini.

“Harapan kita semua bahwa vaksinasi yang dilakukan Polda Papua harus digencarkan dan demi kesehatan masyarakat serta terhindar dari pandemi Covid-19,” kata Mansur.

Wakapolres Kota Jayapura, AKBP Supraptono menambahkan, Polres Kota Jayapura tengah gencar mendukung program vaksinasi merdeka secara serentak dengan bekerjasama dengan rumah ibadah khususnya Masjid Raya Kota Jayapura untuk mempercepat mencaai target herd immunity.

“Polri tentunya bekerja keras. Apalagi, Polres Jayapura Kota berada di jantung ibu kota Provinsi Papua sangat konsen untuk mengejar target mencapai herd immunity. Apalagi, Papua akan menggelar PON dan salah satu salah satunya warganya harus sehat semua dan itu harus vaksin dulu,” jelasnya.

Untuk itu, imbuh Wakapolres Supraptono, Polri menyasar tempat-tempat yang banyak masyarakat, diantaranya masjid – masjid yang banyak jamaahnya, selain itu juga tempat ibadah lain, sekolah dan perguruan tinggi agar mencapai herd immunity.

“Kami turunkan lima tim dalam kegiatan vaksinasi ini. Ada tim relawan, bid dokkes dan puskesmas. Relawan ini kami tempatkan di lima titik yang bekerja tiap hari melakukan vaksinasi,” pungkasnya.

Tim Supervisi Vaksinasi Merdeka Rumah Ibadah, Wisma mengapresiasi vaksinasi di Masjid Raya Baiturrahim yang diikuti oleh banyak jamaah dan warga di sekitar masjid.

“Memang target kita rumah ibadah ini kan tempat banyak berkumpul untuk beribadah. Untuk itu, kami harap vaksinasi ini membuat mereka dalam beribadah lebih tenang, karena untuk mencapai herd immunity,” imbuhnya. (bat)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *