banner 728x250

Musda XIV KNPI Kabupaten Jayapura Dipastikan 12-13 Agustus

Ketua Sterring Committee Rapimpurda dan Musda KONI Kabupaten Jayapura, Nelvis K Manobi.
banner 120x600
banner 468x60


SENTANI, Papuaterkini.com – Musyawarah Daerah (Musda) DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Jayapura XIV bakal digelar pertengahan Agustus atau tepatnya 12 – 13 Agustus 2022, setelah Rapat Pimpinan Paripurna Daerah (Rapimpurda) DPD KNPI Kabupaten Jayapura selesai digelar, 13 Juli 2022.

Ketua Steering Commitee (SC) Rapimpurda dan Musda DPD KNPI Kabupaten Jayapura, Nelvis K. Manobi, SPt, mengatakan, sesuai dengan konstitusi KNPI, untuk sekarang dari SC sudah melakukan Rapimpurda, karena Rapimpurda ini merupakan langkah awal menuju pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda).

banner 325x300

“Karena itu rapat tertinggi sebelum Musda, jadi dari Musda turun itu kita telah mengambil beberapa keputusan-keputusan termasuk dengan kepesertaan dan juga tanggal pelaksanaan, tempat dan waktu pelaksanaan Musda. Tetapi, tidak mengurangi rasa hormat kami terhadap AD/ART KNPI, kami tidak melangkahi ya. Tapi, ini kondisi daerah yang terjadi di Kabupaten Jayapura, kevakuman yang terjadi di KNPI selama ini,” kata Nelvis Manovi di sela-sela peringatan HUT KNPI ke 49, di Pantai Howe, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Sabtu, 23 Juli 2022 malam.

Baca Juga: KNPI Kabupaten Jayapura Gelar Rapimpurda, Pemuda Diminta Dukung KMAN VI

Baca Juga: Panitia Siapkan Rapimpurda KNPI Kabupaten Jayapura, OKP Diimbau Segera Daftar

Untuk itu, ujarnya, para senior yang tergabung dalam Steering Committe pada 18 Juli telah melakukan rapat, untuk menentukan agenda-agenda menuju kepada pelaksanaan Msuda KNPI Kabupaten Jayapura nanti. Namun, dalam penyusunan agenda-agenda itu, dari waktu yang sudah disusun ternyata terjadi over waktu, yang semulanya dalam hasil keputusan rapat itu terkait pelaksanaan Musda akan dilaksanakan 3 – 4 Agustus 2022, sehingga diundur ke 12 – 13 Agustus 2022.

Lebih lanjut, sesuai dengan schedule, tahapan-tahapan yang akan dilalui, pertama adalah melakukan verifikasi OKP dan akan dilanjutkan dengan verifikasi bakal calon (Balon) Ketua KNPI Kabupaten Jayapura, kemudian pemaparan visi misi dan debat kandidat.

Yang jelas, ujar Nelvis Manobi, untuk tahapan-tahapannya, yang pertama itu adalah tahapan pengambilan formulir OKP dan formulir bakal calon ketua DPD KNPI Kabupaten Jayapura yang akan dilakukan 24 – 27 Juli.

Ia mempersilahkan kepada para bakal calon ketua dan OKP agar datang ke Sekretariat DPD KNPI Kabupaten Jayapura di Puspenka Hawaii, untuk mengambil formulir bakal calon ketua dan juga formulir okp pendaftaran OKP guna mengikuti pelaksanaan Musda.

Neil menyampaikan, untuk batas waktu pengembalian formulir atau administrasi dari OKP pada 28 Juli, itu batas waktu pengembalian formulir atau administrasi dari OKP. “Jadi, setelah mereka datang ambil formulir di tanggal 24 Juli nanti, maka di 28 Juli itu kita tutup. Kemudian dari tanggal 28 Juli sampai 3 Agustus 2022 itu waktu untuk mendaftar di steering committe. Selanjutnya di tanggal 3 Agustus, kita akan lakukan verifikasi berkas OKP dan kami akan mengumumkan kepada publik, OKP-OKP mana saja yang lolos sebagai peserta Musda XIV DPD KNPI Kabupaten Jayapura,” jelasnya.

Ditambahkan, untuk kriterianya tidak terlalu susah, karena lewat kriteria ini pihaknya berusaha semaksimal mungkin agar kriteria tidak menciptakan kondisi perpecahan di tubuh KNPI Kabupaten Jayapura. Sebab, KNPI ini merupakan tempat berhimpunnya OKP, sehingga SC berusaha sebijakmungkin memberikan persyaratan yang mampu diselesaikan oleh OKP.

“Kemudian, di tanggal 3 Agustus nanti itu awal dari pendaftaran bakal calon ketua, yang kami buka pendaftarannya sampai 7 Agustus. Jadi, tanggal 3 sampai 7 Agustus itu awal mula dari pendaftaran bakal calon ketua yang fomulirnya sudah dibuka dari 24 Juli. Setelah dibuka untuk pendaftarannya, maka bakal calon ketua bisa langsung mendaftar ke steering committe dan langsung kita verifikasi kandidat di tanggal 7 Agustus nanti. Sedang pemaparan visi misi dan debat akan dilakukan 8 – 9 Agustus 2022, lalu setelah Musda dilanjutkan pelantikan ketua terpilih,” imbuhnya.(bat)

banner 325x300