Memaknai Hardiknas, Pendidikan Berkontribusi Mewujudkan Cita-cita Kebangsaan

banner 120x600
banner 468x60

Ketua IKA-PMII Papua, H. Kumar SH, MH

JAYAPURA, Papua Terkini.com– Memaknai hari pendidikan Nasional 2 Mei, IKA-PMII (Ikatan Keluarga Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia) provinsi Papua mengajak semua komponen masyarakat untuk ikut andil dan peduli pembangunan pendidikan dalam konteks kebangsaan. Berdasarkan perspektif sejarah bahwa pendidikan telah menjadi instrumen penting bagi lahirnya NKRI.

Ketua IKA-PMII Papua, H. Kumar SH, MH mengungkapkan, sistem pendidikan idealnya selaras dengan arah pembangunan bangsa dan negara, serta cita-cita kemerdekaan Indonesia. Sebagaimana tertuang dalam pembukaan UUD 1945.

Menurutnya, pada posisi kehidupan berbangsa dan bernegara, pendidikan memiliki peran yang sangat penting, terutama dalam kontribusi dalam upaya mewujudkan cita-cita kebangsaan.

Sebagai tokoh muda NU Papua, Kumar mengutip quotes dari, KH Hasyim Asyari “Tatkala umurku habis tanpa karya dan pengetahuan (ilmu), lantas apa makna umur ini”

Dikatakannya, butuh komitmen semua pihak untuk menggerakkan ruh cita-cita kemerdekaan Indonesia dalam orientasi pendidikan nasional. Pemerintah selaku pemegang kebijakan harus konsisten dan adil terhadap paradigma pendidikan yang akan dijalankan. Berikan kepercayaan kepada masyarakat untuk tumbuh dengan karakteristik unik yang dimilikinya.

“Menurut saya, pendidik di setiap sekolah memiliki kewajiban untuk menanamkan nasionalisme kepada anak didiknya masing-masing. Teruslah belajar untuk kehidupan lebih baik dan bermanfaat bagi sesama ” kata kumar.(ab)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *