Pejabat Pemprov dan Anggota DPR Papua Lepas Jenazah Ayahanda Wagub

Wagub Papua, Klemen Tinal bersama keluarga dan sejumlah pejabat Pemprov Papua dan anggota DPR Papua menabur bunga dalam pemakaman Pdt Abdiel Tinal, STh.

TIMIKA, Papuaterkini.com – Sejumlah pejabat Provinsi Papua dan Anggota DPR Papua beserta Sekretaris Dewan (Sekwan) DPR Papua, DR. Juliana J Waromi, SE, MSi  menghadiri pelepasan jenazah Pdt. Abdiel Tinal, STh, ayahanda dari Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, SE, MM dan ikut mengiringi ke tempat peristirahatan terakhirnya di Jalan Poros SP3, Kota Timika Kabupaten Mimika, Jumat, 5 Juli 2019.

Bahkan, ribuan warga masyarakat Kota Timika, baik masyakarat asli Papua maupun masyarakat non Papua juga turut mengiringi Jenazah Pdt. Abdiel Tinal, hingga ke tempat peristirahatan terakhirnya.

Sebelumnya, almarhum disemayamkan di tempat peristirahatan terakhirnya, terlebih dahulu dilakukan pelepasan jenazah dari  Pemkab Kabupaten Mimika ke pihak keluarga yang diwakili Pj. Sekda Mimika, Marthen Paiding dan diterima langsung oleh Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal sebagai anak pertama didampingi istri, Yolanda Tinal, beserta adik dari Wakil Gubernur yakni Trifena Tinal dan Fernando Y.Jansen Tinal, BA yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua II DPR Papua, di Gereja Kemah Injili Indonesia Betlehem Kuala Kencana Timika, Kabupaten Mimika.

Diketahui, Pdt. Abdiel Tinal  dikenal sebagai sosok yang bersahaja, ramah dan baik hati pada setiap orang. Almarhum juga dikenal sebagai sosok yang teladan dan pekerja keras. Dari kerja kerasnya inilah yang dijadikan motivasi bagi orang. Karena almarhum selalu melayani dengan hati, karena ia merasa terpanggil untuk melayani Tuhan.

Sehingga kepergian almarhum begitu meninggalkan duka yang paling dalam bagi keluarga besarTinal, tapi juga masyarakat Papua, khususnya masyarakat Mimika. Karena semasa hidup almarhum, beliau hanya mengabdikan hidupnya untuk melayani Tuhan  dan jemaat.

Pada kesempatan itu, Pemerintah Kabupaten Mimika yang diwakili Pj. Sekda Mimika, mengucapkan turut berbela sungkawa atas kepergian bapak Pdt. Abdiel Tinal ke rumah Tuhan di Surga.

“Dengam iringan doa dari keluarga yang ditinggalkan, baik kerabat dan semua masyarakat dengan semua karya-karya semasa hidupnya dapat membawanya masuk dan menjadi baginya dalam kerajaan surga,” kata Pj Sekda Mimika.

Sekda Marthen pun berharap, agar semua keluarganya dan masyarakat Papua yang pernah merasakan kebaikan  almarhum agar dapat meneruskan karya-karya dan teladannya dalam melayani  Tuhan.

Asisten I Bidang Pemerintahan Provinsi Papua, Doren Wakerkwa mengatakan, pelayanan almarhum sebagai gembala manusia dapat menjadi pelajaran berharga bagi orang Papua.

“Almarhum Pdt. Abdiel Tinal dalam pelayanannya ia betul-betul menaruh semua harapan untuk Tuhan. Bahkan ia tidak hanya melayani masyarakat Papua dalam satu daerah saja,  tapi semua masyarakat yang ada di gunung-gunung juga dilayani dalam pelayanan Tuhan,” kata Doren Wakerkwa mewakili Gubernur Papua yang saat itu tidak bisa hadir karena sedang menjalankan tugas di luar daerah.

Trifena Tinal, putri ke tiga dari almarhum Pdt. Abdiel Tina  mengucapkan, semoga kebaikannya didalam dunia menghantarkan almarhum masuk kerajaan Surga.

“Bapak sudah lelah, sudah saatnya bapak istirahat. Bapak telah menyelesaikan pertarungan hidupnya di dunia ini, dan kini saatnya ia menghadap Allah Bapak dalam kerajaan Surga,” Trifena Tinal.

Sementara, EVP Human Resources and Security, Achmad Ardianto mewakili PT Freeport dalam sambutannya mengatakan, Almarhum Pdt. Abdiel Tinal adalah sosok yang pekerja keras yang selalu dicintai masyarakat Papua, dan teladannya dapat dipetik untuk dijadikan pelajaran yang berharga, sehingga harus

“Almarhum, selain bergerak untuk terus melayani Tuhan dan juga melayani hamba Tuhan, Almarhum juga berperan penting dalam pembangunan PT Freeport Indonesia,”  ujar Achmad Ardianto dalam sambutannya di sela-sela pelepasan jenazah Pdt. Abdiel Tinal.

Apalagi kata Ahcmad Ardianto, Almarhum sangat berperan menjembatani masyarakat dengan pihak PT Freeport Indonesia, agar keakraban antara masyarakat dan PT Freeport Indonesia terus te

rjalin. Dan setiap ada masalah Almarhum selalu turun tangan untuk mengatasinya.

“Jadi, kontibusi almarhum ini sangat besar di PT FI. Beliau meninggalkan banyak karya yang dapat diteladani. Baik itu bagi keluarga tapi juga masyarakat Papua, khususnya masyarakat Mimika. Karya nyatanya di dunia dapat menjadi pelajaran berharga bagi kita semua,” ucapnya.

Ahcmad Ardianto menambahkan, semoga kebaikannya semasa di dunia dapat menghantarkan almarhum masuk kerajaan Surga.

 

“Bapak telah menyelesaikan pertarungan hidupnya di dunia ini dan sudah saatnya ia menghadap Tuhan dalam kerajaan Surga.

Sekedar diketahui, turut hadir dalam pelepasan Jenazah Pdt. Abdiel Tinal hingga ke peristirahatan terakhirnya, yakni Wakil Ketua Komisi I DPR Papua, Tan Wie Long, Ketua Komisi II DPR Papua, Herlin Beatrix Monim, Sekretaris Komisi I DPR Papua, Mathea Mamoyau, Sekretaris Komisi V DPR Papua, Natan Pahabol, dan anggota DPR Papua, Boy Markus Dawir, Yonas Alfons Nussy, Irenus Liku Bolly, Ronald R Engko, Fery Omaleng, Adolfina Dimara dan Ibu Inosentia Annie Winerunga Gebze. (bat)

Tinggalkan Balasan