Berita  

KMP Wilayah Papua dan Tiga Pengurus Daerah Resmi Dilantik

banner 120x600
banner 468x60

Ketua Pengurus KMP Wilayah Papua Ustadz H. Achmad Jaenuri, Lc, MA saat menandatangani berita acara pelantikan dengan disaksikan Ketua KMP Nasional Ustadz Andi Juliandi (paling kanan) usai acara pelantikan di Masjid Baitul Makmur Perumnas 1 Waena, Kota Jayapura, Ahad, 3 September 2023.

JAYAPURA, papuaterkini.com – Pengurus Kolaborasi Masjid Pemberdaya (KMP) Wilayah Papua resmi dilantik di Masjid Baitul Makmur, Perumnas 1 Waena, Kota Jayapura, Ahad (3/9/2023).

Pada kesempatan ini tiga pengurus daerah juga turut dilantik, yaitu Pengurus KMP Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Keerom.

Ketua Umum KMP Nasional Ustadz Andi Juliandi yang memimpin pelantikan itu menegaskan bahwa KMP Wilayah Papua merupakan provinsi kedelapan yang sudah berdiri kepengurusan KMP di seluruh Indonesia. Merupakan suatu kebanggaan bahwa di ujung timur Indonesia ini sudah terbentuk KMP.

“Matahari terbit lebih awal dua jam dari provinsi lain di bagian barat. Oleh karena itu, Kolaborasi Masjid Pemberdaya di Papua harus lebih berdaya, harus lebih maju daripada KMP di wilayah lainnya. KMP ini baru berumur 1,5 tahun akan lebih mengoptimalisasi berbagai kegiatan pemberdayaan masjid,” tegasnya.

Pihaknya menjelaskan kisah yang inspiratif. Bila seekor belalang ada di dalam botol, maka lompatannya hanya di tempat itu saja. Namun ketika belalang itu dilepas, maka lompatannya akan semakin jauh. Demikian juga para pengurus masjid, jika berkolaborasi, maka efek-efek dari gerakan pemberdayaan itu jauh akan berdampak bagi masyarakat. Tidak ada alasan bagi para pengurus KMP maupun para pengurus masjid untuk tidak bisa berdaya.

“Kami bersama Pak Sekjen datang ke Pontianak. Di sana ada Masjid Kapal Munzalan. Masjidnya berada di daerah yang penduduk Muslimnya hanya sekitar 30 persen, namun dengan gerakan pemberdayaan yang dilakukannya, mereka bisa menghimpun dan menyalurkan beras setiap bulannya mencapai 700 ribu ton. Kemudian infaq/sedekahnya mencapai 11 hingga 12 Miliar perbulan. Jadi tidak ada yang tidak mungkin jika kita betul-betul memberdayakan masjid,” ucapnya dengan mantap.

Ustadz Andi Juliandi juga menyatakan bahwa KMP Nasional sudah menyiapkan berbagai formula maupun solusi untuk mengatasi berbagai masalah yang dialami masjid, terutama terkait masalah Sumber Daya Manusia, sehingga ke depan masjid-masjid semakin berdaya dan bisa memberdayakan.

Setelah acara pelantikan dilanjutkan dengan pengarahan dan Pengajian Akbar yang disampaikan oleh Prof. Dr. H. Muhammad Amin Suma, SH, MA, MM yang merupakan Dewan Kehormatan KMP Nasional dan juga Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Sekadar diketahui, Ketua Pengurus KMP Wilayah Papua yang baru saja dilantik yaitu Ustadz H. Achmad Jaenuri, Lc, MA. Sedangkan ketua pengurus daerah yang juga turut dilantik yaitu Ketua KMP Kota Jayapura Dr. Subandriyo, SE, M.Si, Ketua KMP Kabupaten Jayapura Ustadz Bagiyo, dan Ketua KMP Kabupaten Keerom Asrif. (Istimewa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *