Jaringan Internet di Merauke Terganggu, Ini Penyebab

Salah seorang wartawan mencari askses internet di Swiss-Belhotel Merauke lantaran kesulitan internet dalam beberapa hari ini.
banner 120x600
banner 468x60

MERAUKE, Papuaterkini.com – Warga Kota Merauke dan sekitarnya dalam dua hari terakhir ini mengeluhkan jaringan internet baik dari layanan Telkom Indiehome maupun paket data Telkomsel yang terputus.

Jamal, salah satu wartawan media online di Merauke menyebutkan akibat terputusnya koneksi internet ini dirinya tidak bisa mengirim berita ke kantor redaksi.

“Sudah dua hari ini, mulai dari hari minggu siang. Gara-gara ini kita tidak bisa kirim berita,” katanya.

Dia berharap pihak Telkom maupun Telkomsel sekiranya dapat cepat memperbaiki masalah ini, karena menurutnya jika ini terus berlanjut, maka akan mengganggu aktifitas seluruh masyarakat yang ada di Kota Rusa san sekitarnya.

Sementara itu, PT Telkom Indonesia dalam siaran persnya yang diterima media ini tengah berupaya mempercepat perbaikan layanan TelkomGroup di wilayah Merauke dan sekitarnya.

Penurunan kualitas layanan yang terjadi pada Minggu, 27 Maret 2022 pukul 9.21 WIB tersebut disebabkan adanya gangguan sistem komunikasi kabel laut Sulawesi Maluku Papua Cable System (SMPCS) ruas Merauke – Timika pada jarak 289km dari tepi pantai Merauke di kedalaman 59m (segmen laut). Adapun layanan yang terdampak mencakup layanan suara maupun data fixed dan mobile broadband.

“Saat ini kami sedang mengupayakan segera pemulihan kualitas  layanan di area terdampak melalui link back up via Palapa Ring Timur dan sistem komunikasi satelit,” kata General Manager Telkom Papua, Agus Widhiarsana.

Dikatakan, untuk perbaikan kabel yang terganggu, Telkom melalui Telkom Infra akan menyiapkan kapal dan tim.

“Telkom memohon maaf atas ketidaknyamanan pelanggan yang terdampak. Kami akan mempercepat perbaikan agar layanan kembali normal dan dapat digunakan seperti sedia kala,” imbuhnya. (ar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *